Sunday, February 04, 2007

Hospital Story dan Terang Benderangnya Siang Hari di Jalanan Bandung


Hari Rabu Tanggal 24 Januari 2007 kmaren menurut jadwal, gw harus check up ke salah satu rumah sakit swasta di Bandung. Gw harus mengikuti pemeriksaan darah lebih tepatnya tes BSF atau terjemahan ke dalam bahasa Indonesia LED (Laju Endap Darah).

Pagi - pagi sekali gw udah siap - siap, di pertemuan sebelumnya dokter spesialis gw, mengharuskan gw puasa dahulu mulai dari jam 10 malem ampe diambil darah, gw siapin tunggangan gw yang udah lama gak gw pake mengarungi kerasnya jalanan di kota Bandung ini. (hehehe hiperbolis yak)

Ketika di perjalanan gw liat terang benderang sekali jalanan di Bandung, tumben biasanya cuaca mendung kan agak gelap - gelap gituh, ternyata hampir semua sepeda motor nyalain lampu utama (headlamp) dan tentu saja tak ketinggalan gw sendiri. Sosialisasi yang dilakukan kepolisian Di Jawa Barat
dan Bandung khususnya ternyata cukup ampuh dan banyak pemakai kendaran

sepeda motor menyalakan lampu utama, padahal baru 2 hari sosialisasi itu berjalan. Kewajiban ini emang dilakukan untuk menekan resiko kecelakaan lalu lintas terutama sepeda motor, soalnya Bandung sekarang ngikut Jakarta dan Jawa Timur yg sudah duluan ngejalananin program ini. Yah tinggal kita tunggu kesuksesan program ini

Kesadaran warga Bandung khususnya pemakai sepeda bermotor emang patut diacungi jempol. Karena baru pertama kali gw ngerasa aneh juga, soalnya dimana - mana sepeda motor pada nyala lampunya. (Kabayang bengkel motor untung pisan jualan ACCU + regulator + Bohlam lampu) Serab euy (Silau -red)

Di Rumah Sakit gw langsung menuju Laboratorium, karna gw udah bawa surat pengantar periksa darah, maka langsung diproses, darah diambil dari lengan kiri, gw disuruh mengepalkan tangan, lalu tiba-tiba mak nyoos, (kayak digigit
semut) jarum suntik menyedot darah dari Intravena, kalo gw perhatiin sih sekitar 2-3 cc darah gw diambil, udah gitu gw disuruh tunggu 2 jam untuk ngambil hasilnya.

karena gw lom makan apa - apa, (kan gw disuruh puasa) akhirnya gw ke kantin yang ada di dalem Rumah Sakit, enaknya sih gw beli bacang, tapi kebetulan gak ada, ya gw kepaksa beli roti. Gw beli 2 buah roti rasa coklat dan sosis plus
1 botol air mineral. MAMPUS... 1 biji roti harganya Goceng alias 5000, tau ginih gw bakal beli satu, tapi apa boleh buat dari pada gw mati kelaperan.

Setelah itu gw antri di dokter spesialis gw, makin siang makin banyak pasien lain yang datang, untung gw kbagian nomer satu, tapi walaupun nomer satu, gw tetep harus nunggu hasil pemeriksaan darah gw, gw makan tuh roti sosis, emang bener kenyang banget dah sumpah. wareg pisan...mantap lazisss ada apa ini ? ada apa ?

Waktu nunggu giliran, gw iseng - iseng ngitung penghasilan dokter spesialis ini, gw pernah liat di kuitansi tarif ini dokter sekali dateng Rp 19000. nah gw itung kira2 yang dateng 1 hari bisa sampai 20 orang, 19000 x 20 = 380000, kalo sebulan dipotong hari sabtu minggu gak praktek, 22 x 380000 = Rp.
8360000. Itu belon termasuk honor dari rumah sakit kayaknya, wah wah enak juga jadi dokter ya...Tapi kalo gw pikir - pikir lagi emang sekolah dokter gak mahal? emang gampang dapet profesi spesialis? emang gak ngorbanin tenaga dan waktu? yah semua itu udah ada takarannya, n sekali lagi gak bisa di nilai ama duit

Wah udah saatnya gw ambil hasil pemeriksaan darah gw, gw ambil aja tuh kertas hasil pemeriksaan dan gw langsung masuk ke ruangan dokter, karna gw gak harus antri, kan gw nunggu hasil pemeriksaan darah, lagipula gw nomer urut 1.

Sebelumnya gw dicek tensi darah ama berat badan, gile berat badan gw naek lagi, lama - lama bisa ndut neh, baguslah daripada dulu gw disebut papan triplek saking tipisnya, heheu.. sambil tiduran gw di periksa maa tu dokter tak lupa berbasa - basi, karena tu dokter emang udah akrab ma gw, gw ditanya udah nyari kerja lagi lom, yah gw bilang aja lom, gw cari yang di bandung lom ada yang tembus euy.. trus gw tanya hasil pemeriksaan darah gw, dia bilang sih bagus, gak ada masalah..No Problemo..glad to hear that

*FYI ajah yah, LED atau Laju Endap Darah adalah kecepatan darah dalam mengendap, hal ini dipengaruhi oleh banyaknya sel darah dan kepekatan cairan darah. Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui apakah ada infeksi atau tidak dalam darah dan kualitas darah.

Gw seneng bangedh dah, udah gitu gw dikasih resep obat dan gw disuruh apel ke dia lagi 1 bulan lagi (hehehe, kocak juga ni dokter). dah beres gw menuju loket buat bayar n nebus obat, dan makin penuhlah ruangan itu, setelah semua urusan beres gw balik dah, dan tak lupa nyalain Lampu Sepeda Motor gw....Hidup Bandung anu carara'ang pokokna

No comments: